Kamis, 26 November 2015

Bersepeda Pake Helm

Pagi kemarin Marco minta nyepedah pake helm barunya.. Terinspirasi dari Bang Jarwo di film kartun "Adit & Sopo Jarwo" yang tayang setiap hari Pk. 18.00 di MNC! *lha jadi ngiklan gini!*, yang diidolakannya, hahaha.. emang kocak sih tampangnya si Jarwo..



Ngomong-ngomong soal nyepeda Marco ini kuat banget nyepeda sampai ke pintu gerbang di Pos Security depan, terus mampir ke blok-blok depan dulu baru balik lagi ke rumah. Minimal dari rumah ke Pos Security depam trs pulang lagi ke rumah. Padahal itu cukup jauuuhh loh. Pernah diriku menemani sambil jalan kaki, tobaaaat.. kapok!! Pegel!! Hahaha.. makanya kl diriku yang mengawal Marxo nyepeda, Aden sama mama naik motor aja ya. Hihi.. biasanya sama mama sore, sama papa pagi. Nah kalo sama papa pasti selalu jalan kaki, hahaha kuat dia.. sekalian olahraga lah ya pa..

Back to the topic. Marco ini orangnya kalo uda suka sama A ya dia akan pilih si A. Begitu juga dgn pemilihan helm ini. Menurut cerita papanya, kemarin pd saat beli helm anak ini, Marco pilih sendiri yang ada gambar Doraemon-nya.. padahal warnanya kuraag kecehhh!



Si Aden sendiri gak ribut minta helm tadinya. Nah pas uda mau pulang, maen comot aja helm anak gambar the Cars! Haha.. kata papanya orang2 yang liat itu pada ketawa. Helmnya Aden bagus warnanya biru pastel..

Nah helm-helm anak ini dibeli utk tujuan kalo diriku naik motor keluar jalan utama gitu sama mereka. Demi keselamatan dan menghindari tilang pak pulisi jadi ya beli deh..
Oiyaa, hihi.. diriku ini masih belom berani bawa mobil sendiri, tatuttt.. wwkwkw.. jadi kalo sama eikh mesti naik motor aja..

Ya uda, kan helmnya juga bisa dipake buat nyepedah kan. Biar lebih keren!

Safety riding ya nak.. kring kring kring..


Learn Through Play Kami Hari Ini (Puzzle, Menggunting Sedotan dan Kertas Berpola)

Learn through play kali ini datang dari puzzle 2 pcs bertema kendaraan, yang kemudian harus dirangkai lagi 3set sejajar sesuai dengan kategori jenis kendaraannya.







Puzzle ini uda agak lama belinya, cuma anak2 gak pernah mau mainin serius, cuma diacak2 aja di awal2. Nah tadi siang surprisingly si Marco ambil dari rak dan ditaruh ke meja, dikeluarin begitu aja karena dia ada perlu sama kotaknya, hahaha.. mau dijadiin mobil2an sptnya. Nah, di sini peran saiya sbg mama untuk ngajakin main puzzle dan akhirnya dia mau juga. Bahkan yang agak ngagetin adalah dia susun semua puzzlenya sampai selesai.. yeayy!! Good job Marco!!



Mainan puzzle sederhana ini bisa melatih anak spy lebih fokus utk menyelesaikan 'kasus' loh.

Setelah ber-puzzle-ria, masih dalam tema 'belajar lewat bermain', kita latihan menggunakan gunting lagi yuk ko..




Untuk hari ini kita guntingin sedotan aja ya supaya gak dirobek seperti kalau gunting kertas. Iya karena kalo gunting kertas, gak sampe ujung tapi disisain utk dirobek gitu aja sama dia.. bener-bener deh bocah ini..

Kalo menengok hasil guntingannya Marco, besar kecilnya guntingan masih belom sama rata ya, but it's okey kok. Masih butuh jam terbang lebih banyak. Jadi teringat kalimat bijak "The more you practice, the more you will be." ^^

Nih beberapa wajah gembiranya Marco dalam acara menggunting.





Dasarnya anak ini penuh dengan improvisasi. Jadi meski di awal arahannya hanya gunting sedotan ke ukuraa yang lebih kecil aja, tapi setelah beberapa waktu dia mencoba sendiri menggunting bagian dalam sedotan. Tuh mukanya serius banget ya ke arah lubanh sedotan haha!



Karena sedotan lebih alot dibandingkan dengan kertas, maka tadi kelihatan sekali gimana ekspresi 'lelah' jari-jari tangan yang mungil itu beraksi. Ditanya uda capek belom ? Dia malah masih asik-asik ngegunting aja, ya udehh, kita lanjutkan dengan menggunting kertas. Tapi kali ini gak gunting sembaraagan ya.. kita menggunting kertas sesuai pola yang mama gambar.

Kalau boleh koreksi (ya boleh banget laahh.. kan eke emaknye!!) Itu tangan kiri yang megang kertasnya masih kaku sekali nang.
Tapi uda bagus banget karena ternyata Marco uda bisa gunting sesuai garis lurus! Good job buddy!







Lulus gunting pake pola garis lurus, kota coba pola zigzag yah.. nah agak sulit di tikungan2nya. But, i appreciate your hard work to do this! Biar masih meletat-meletot juga tapi kelihatan Marco uda mudeng (baca:  ngerti) dengan 'aturan main' garis-garis yang harus dia lalui dengan menggunting.





Kegiatan mengasah ketrampilan ini akan kita lakukan lebih rutin ke depannya ya nang. Jangan bosen-bosen loh. Harapan mama adalah spy minat kamu akan hal2 pembelajaran ini semakin berkembang, karena pada akhirnya kamu sendiri yg akan dapat manfaatnya. Amin..

Senin, 23 November 2015

Playtime at PLAYTIME AEON BSD

Playtime at "Playtime-AEON BSD"

Edisi bermain bersama anak di Playtime yang isinya banyak sekali aneka permainan. Anak2 dan kitanya sbg pendamping di setengah jam pertama akan bingung milih mau main yang mana duluan saking banyaknya yg bisa dimainin.. hehe..



Nah yang ini ceritanya ma boyz lagi mainin "sepeda duduk" 🚲🚲🚲 di counter Roller Racing. Cara kerjanya unik, si anak (inget yah hanya anak2 sajahh yg diperbulehkan menaiki ini!!) hanya perlu duduk manis, kaki diposisikan di bantalan yg tersedia dan utk jalaninnya cukup goyang2in kaki ke kanan kiri, this kinda vehicle will gonna meluncurrr seketika itu juga.. utk atur arah gunakan kemudi di tangan.

Berhubung Aden masih bingung cara kerjanya, maka perlu bantuan papa utk ngedorongin, gpp ya den.. yg penting seneng..

Nah ini dia ekspresinya anak2 ketika main di Roller Racing..




Atas:
Marco super duper excited tuh sampe ketawa lebar di setiap kesempatannya.

Bawah kiri:
Aden kesenengan karena sepedanya meluncur (biarpun didorongin papah wkwkw)

Bawah kanan:
Ekspresi kengerian si Aden pas sepedanya meluncur agak kenceng.. tau nih si papahh.. dorongnya kekencengann!!

Beda anak emang beda karakter dan msg2 pny pembawaan sendiri yg bikin mereka so special (gag usah pake telor!)

Marco emang pemberani, suka eksploring hal baru, utk tantangan2 yg berhubungan dgn adrenalin gak ada takutnya dia. Beda sama Aden, kalo hal2 motorik dan menantang agak gimanaaaa gituhh.. konon ini menurunkan dari... saiyah!!! *shyshycat* hihi..


Another story waktu bermain di Playtime.. Let's build the house.



Baru kali itu ngeliat lego ukuran gedenya gag umum. Bahannya dari plastik lumayan tebel spy gak gampang penyok, tapi gak terlalu berat juga spy anak2 gak kesulitan dalam kegiatan bangun-membangun. Colorful is a must! Jadi makin ceria-meriah aja suasananya.

Lumayan seru juga bermain di arena ini. Cuma waktu itu agak kurang dingin ajah air conditioner-nya, jadi bikin 'kesumuken' (gerah) hihihi.

Terlontar keinginan utk beli giant lego kayak gini sama papa nunu, tapi ya gak bisaa lahh yaa.. kudu siapin space satu kamar sendiri buat tempat tongkrongannya hahaha.. Emangnya mau buka PG di rumah???!! Hahaha *segera kuhapus keinginan ituh*


Kalo tadi Papa dan Koko, kali ini edisi Mama dan Aden yang bikin sesuatu pake giant size of lego..



Kita bikin helikopter yuk den. Pertama-tama kita bikin baling2nya dulu. Nanti baru bikin badan heli. Dan terakhir dipasang jadi satu. Kalo uda jadi nanti coba Aden dudukin wkwkww.. Rencana awalnya begitu, ehh..helikopter belom jadi, uda dirubuhin aja sama Marco!! Huuhhh..

My little Climber is on the wall!! Hahaha.



Pertamanya si Aden mah ragu dan takut dan langsung cari papahnya untuk selalu ada di dekatnya, tapi begitu disemangatin terus sama papa dan juga liat Kokonya nemplok di tembok gampang banget jadi berani juga dia.

Yaaahh.. tugas kita memang utk memupuk mental dan keberanian anak. I don't want my boys becoming as me yang penakut hihihi.. *buka kartu*

Minggu, 22 November 2015

Meringue Tart with Cinnamon and Almond (recipe)

This is what i do to my white eggs stock!
Meringue Tart topped with Cinnamon and Almond Slice.




Bahannya bole liat di postingan Instagram mbak Farah Queen (konon katanya resep ini fatless), yaitoh :
4 putih telur
150 gram gula pasir
2 sdt maizena
1sdt air jeruk nipis (tambahan sendiri)

Kocok sampai mencapai soft peak baru dituang ke wadah anti panas dan siap dipanggang..

Ngomong2 soal tingkat kocokan adonan, eikeh sampe menimba ilmu di gugel, dan di sinilah sy mendapati ilmu yg sangat berguna itu.


Ini belom dipotong krn masih fanass dr oven, cm uda colek2 dikit rasanya enak, manisnya gak terlalu manis.

Setelah dicobain bener2, ternyata saya koreksi ya rasanya, kemanisan sodara-sodarahh. Jadi next bisa dikurangin aja gulanya spy gak eneg karena manisnya. Dan bisa tambahin lagi air jeruknya. Pake jeruk lemon aja kali ya spy lebih wangi.

Boleh dicoba nih yang masih punya sisa putih telur, daripada nganggur dan dibuang.. better diberdayakan. Tadi sebelum eksekusi uda persiapan batin kalo2 gagal, hehehe.. itung2 buat latian.. ternyata jadi juga..

Yang perlu diperhatiin adalah proses bakingnya, kudu diliatin terus jangan sampe gosyongg bagian luarnya, cukup sampe kecoklatan ajah..

Ni masih ada sisa putih telor uda dibikin Crispy Almond andalanku dan rencana mau belajar bikin meringue cookies atau macaroon.. hehe..

Magical Magnet - Open Ended Toy


Magical Magnet, an open ended toy. Mainan yang sarat dengan kreatifitas dan gag ada matinya selagi kita mau terus eksploring. Di dalam paketan mainan kita akan dikasih contoh2 pola bangunan, tapi believe me deh bebaskan aja pikiran dan tangan dan imajinasi tentunya utk merangkai tiap magnet tsb shg menjadi hasil yang yunik dan kece..




Bangun tidur kuterus main.. *sing*



Perahunya dari magnet, yang rangkai mamahnya lah gak usa ditanyakeun. Ini si Aden lagi seneng masuk2in the pebbles (yang bunder2) ke dalam perahu. Dikirain harta karun kali ya den ?? Ceritanya the pebbles nya itu air lautnya kok den, hihihi..

Btw, mainan ini adalah versi kw nya magna tiles yang masih bertengger manis di daftar mainan yang pengen dibeli, hihi.. berhubung mihil sekaleh itu magna tiles, kita cb yang magical magnet dl yah boys?!

Ada beberapa macem paket yg dijual. Ada yang isi 40, 52 dst. Kebetulan yang isi 40 ini ada roda utk vehicle jd kita beli yg ini. Kalo yg 52 dpt komedi putar gt, bagus juga sih, tentunya harganya lebih mahalan karena lebih banyak kuantitinya.

Seru banget nih si Aden mainnya sampe bergaya kayak gituh..



Masih dalam episode mainan magnet. Kali ini magnetnya mama rangkai jadi mobilan tram ala kebon binatang ya.. Nah spy bermainnya lebih hidup, maka kita bisa tambahkan miniatur hewan dan pernak perniknya spt pohon, batu dsb.. Sesekali Aden juga memasukkan batu2an ke dalam tram. Lalu mobil tram-nya dijalankan kembali.





Selasa, 03 November 2015

Senja di Kampung Laut Semarang

Tanggal 28 Oktober yang lalu bertepatan dengan ulang tahun perusahaan kakakku Maha Jaya Abadi yang ke-7, dirayakan di Kampung Laut Semarang.

Berhubung diriku pas banget lagi di Semarang, maka ikut diajak.. hehehe.. makacii Budhe! Hahaha...

Di sini 5 tahun yang lalu, tepat pada 27 Juni 2010, aku dilamarrr sama ayaang Nunu.. hihihi.. bernostalgia ceritanya.. sambil merenung waktu cepet banget ya.. sekarang ke sini lagi uda bawa 2 bocah. Hehehe..



Gak tau gw nya aja yang baru tahu atau emang baru dibikin.. jadi di bagian area memancing ada playground-nya gitu. Ada perosotan dan 3 ayunan aja sih, tapi oke loh..



Untuk yang bawa anak2 kecil agak deg-deg an juga karena gak dibikin pembatas ke lautnya, jd sewaktu2 bisa aja kecemplung.. *hiiyyy..

Sebelum acara makan2 dimulai, poto2 dulu lah.. hahaha.. ini dia 3 sekawan, uda sepanteran aja ini anak 3.. Kaka Arya lagi asik mancing jadi gak ikut poto.





Makanannya gak sempet dipoto krn saking laparnya langsung sikaaatt hahaha..
Ikan gurame terbang (goreng kering) uenak banget!!

Nah anak2ku mboten2.. gak ngerti jalo lg di-bully, mereka asik2 aja makan nasi dari mangkok nasi dan centongnya hahahaha..




Ini loh buk bos, hehehe.. makaci for the treat ya pakdhe budhe.. Semoga usahanya makin maju dan semakin diberkati pastinya, amin!!





Sisterhood..





Aneka Soto di Semarang

Selama di Semarang kemarin, diriku emang uda kepengenan makan soto karena di BSD belom nemu aja soto enak bermangkuk kecil ala Jawa Tengah.

SOTO BANGKONG

Yang pertama diajak ciciku makan soto Bangkong sebelum bangjo. Ini soto emang the best!! Legend bgt emang.. Kuahnya maknyus tenan. Selain soto juga ada ayam goreng yang lezat, sambalnya juara! Perkedel yang super enak juga melengkapi kenikmatan menyantap soto ini. 1 mangkok gak cukup! Hahaha..
Sayangnya karena anak2 gak bisa diem dan agak reseh, jd gak sempet pegang hape utk poto2 hiks..

Silakan cek info seputar Soto Bangkong di sini ya..


SOTO KUDUS MAJAPAHIT

Berikutnya diajak mertuaku makan Soto Kudus (soto ayam) di Majapahit. Kata mertuaku soto ini langganan engkongnya my bojo. Hehehe..
Ini juga enak, kuahnya berwarna kuning, agak kental seperti pakai santan tapi kayaknya enggak, rasanya ringan dan seger banget. Ada nasi pindang juga. Dan ada banyak pilihan snack enak spt:  lumpia, pisang caramel, onde2, gorengan, dan lain lain yang dibuat sendiri oleh ownernya.



Marco gak makan soto tapi dia habis melahap sate telur puyuh 5 tusuk yang mana 1 tusuk berisi 4bh telur!! Hahaha.. 20bh telur puyuh masuk ke perutnya Marco hahahaha...




SOTO SAPI WOTGANDUL

Soto lain yang kita makan yaitu soto sapi di Wotgandul. Rasanya biasa aja, hehehe.. dominan manis. Mungkin my bojo will gonna love this. Hahaha.. isinya banyak jeroan dan tetelan, karena diriku gak doyan makanan gak sehat itu maka kuhibahkan utk Edwin hahaha.. tempe gorengnya enak..